Horror Krisis Ekonomi Inggris Kembali Menghantui Pound Sterling


Valuta Poundsterling harus kembali diperdagangkan melemah terhadap Dollar AS pada awal pekan ini seiring bertambahnya bukti melemahnya pertumbuhan ekonomi Inggris, yang memperbesar potensi pelonggaran moneter lebih lanjut oleh Bank of England.

Sebuah hasil survey yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan harga rumah Inggris turun lebih dalam dari yang diperkirakan. Hasil tersebut mengikuti data suram pekan lalu, dimana pertumbuhan sektor jasa dan manufaktur Inggris mengalami penyusutan pada bulan Juli. Data hari Senin juga menjadi awal yang buruk untuk kuartal ke-3 setelah kontraksi ekonomi yang lebih parah dari perkiraan pada semester pertama tahun ini.

“Setelah angka GDP terakhir, ada perasaan bahwa perekonomian cenderung kian memburuk dibandingkan pulih. Berada dalam resesi jelas tidak akan membantu perekonomian,” kata Michael Derks, analis mata uang FxPro. Derks menambahkan bahwa berkurangnya arus safe haven ke Sterling juga turut membebani Cable.

Di samping itu, para pelaku pasar juga terlihat gelisah menjelang pengumuman proyeksi pertumbuhan dan inflasi terbaru dari BoE melalui laporan inflasi kuartalan pada hari Rabu. Melemahnya pertumbuhan atau inflasi tentu akan semakin mendukung ekspektasi bahwa bank sentral akan menambah pelonggaran kuantitatif lebih lanjut atau memangkas suku bunga.

Advertisements

About insang

Learn Anything From Anyone
This entry was posted in Insang Daily. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s